SHDN_LOGIP

SHDN-2012

SHDN-2012

19 Des 2011

Awali Tahun Baru Dengan Trikaya Parisudha


OM Swastyastu,
Suara nurani, yang dikarunia setiap insan, dengan suara hati yang murni, mengilhami cahaya kesadaran yang amat benderang. Kita semua diperdengarkan kesungguhan tentang dharma dari-Nya, sungguh Sanghyang Widhi, tak pernah terjaga dari segala Trikaya Parisudha (pikiran, ucapan dan perbuatan) kita didunia yang menuntut kewaspadaan dan keteguhan iman.

Hanya Trikaya Parisudha, satu-satunya jalan terutama yang tiada surut didendangkan oleh-Nya, siang malam melalui suara nurani, dilubuk hati yang dalam. Kita tanpa Trikaya Parisudha, mudah terjerumus kesesatan ego dalam pikiran yang bisa saja membutakan hati nurani kita, bila tak pernah waspada, bahkan merosot jauh hingga kedalam bawah dunia yang penuh keburukkan, hina dan kesengsaraan (yamadipati). Dunia yang tak pantas bagi kita, hanya pantas bagi butha dan pengikutnya, yang tiada henti merosotkan moral kita jauh dari kemuliaan-Nya. Sungguh indahnya hidup dalam Trikaya Parisudha, hidup yang berdasarkan nilai kebijakan dan sifat kemuliaan Sanghyang Widhi.

Kebijaksanaan hidup yang penuh cipta rasa karsa, membawa kita pada kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan. Hidup dengan kesungguhan Trikaya Parisudha, memancarkan aura dalam layar-layar kesadaran kita. Kesadaran yang membawa kita, pada kesadaran yang lebih tinggi dan lebih mulia, kesadaran Jiwa-Nya yang Agung.

Melalui wedadarma Sarasehan Hindu Nusantara kesempatan kali ini, mengawali 2012, kita diingatkan kembali, merenungi diri dengan apa yang telah lakukan di tahun 2011. Banyak perihal yang kita sudah lewati di 2011, ada kesuksesan tetapi juga ada kegagalan, ada kebahagiaan juga ada kedukaan, bertambah teman , tetapi juga bertambah lawan.

Semua itu perlu kita sikapi dengan bijaksana, karena hanya kebijaksanaanlah, yang bisa mengalahkan rasa kebencian, dendam hati, juga keserakahan dan kecemasan tiada henti. Kebijaksanaan hanya ada dalam hati nurani, ia takkan muncul begitu saja bila tak ada hasrat kebaikan merubah dalam diri.

Baiknya kita sekarang, untuk mengawali sukses kita di tahun yang baru ini, berhentilah banyak bicara keburukan oarng lain, berdebat yang tidak perlu, bermalasan, banyak tidur, mengumbar hawa nafsu dan hambur-hamburkan uang. Bayarlah hutang-hutang karma kita, hutang uang baiknya, segeralah kita menepati janji untuk dilunasi dan hutang keburukan, segeralah ditebus dengan Trikaya Parisudha.

Kita percaya dan optimis dalam menyongsong hari-hari di usia kita yang terus bertambah, meski matahari tertutup awan sekalipun, tiada yang mampu menghentikan usia kita, kalau bukan diri-Nya.

Sebab itu, baiknya janganlah lupa diri, angkuh bahkan tak mawas diri lagi, bahwasanya Sanghyang Widhi bisa saja berkehendak lain, bila tak diyakini dari sekarang, usia kita bisa saja berakhir tanpa tanda, datang begitu saja, lantas kapan kita bisa mengamalkan kebijaksanaan, dengan melakukan Trikaya Parisudha, untuk membayar semua perbuatan-perbuatan kita dalam karma duniawi?

Maka, pupuskan rasa ragu, malas, beranikan diri untuk mengawalinya di tahun 2012 ini, agar kelak, dihari yang terakhir kita tetap berada dalam jalan kebijaksanaan Trikaya Parisudha, dijalan yang dikehendaki-Nya.

Kebaikan bila hanya dipikiran dan ucapan, takkan bernilai bila tanpa tindakannya. Janganlah ragu apalagi malu pada-Nya, Sanghyang Widhi Maha Pemurah lagi Bijaksana, kita yang ingat pada-Nya, takkan luput dari bimbingan-Nya.

Semoga semangat Trikaya Parisudha datang dari segala arah. Salam Dharma!(IP31012010)